Sabtu, 11 Desember 2010

Barca Akhirnya Gaet Sponsor


Getty Images
Selama 111 tahun, Barcelona tak menerima dana komersil dari pemampangan sponsor di jerseymereka. Kebiasaan ini akhirnya runtuh mulai musim depan.

Seperti diberitakan oleh situs resmi klub, Barca baru saja mencapai kata sepakat dengan Qatar Foundation. Imbas dari perjanjian selama lima tahun tersebut, El Barca bakal menerima dana sebesar 30 juta euro (sekitar Rp 357 miliar) setiap musimnya mulai 2011/2012.

"Dengan deal ini, Barcelona menempatkan diri sebagai sebuah brand leader dalam dunia sepakbola di depan para kompetitor internasional mereka," ujar Wakil Presiden Bidang Finansial Javier Faus.

Lalu, bagaimana dengan kerjasama antara Barca dan UNICEF? Jersey Barca beberapa musim terakhir lekat dengan organisasi kemanusiaan dunia yang mengurusi masalah anak-anak itu, dan disebutkan bahwa Barca tak menerima nilai komersil sama sekali lewat kerjasama itu.

Barca lantas menyebutkan bahwa mereka akan memikirkan cara supaya logo UNICEF tetap bisa mendapatkan tempat di jersey mereka, sekalipun harus berdampingan dengan Qatar Foundation. Namun, andai tak ada solusi, Qatar Foundation akan didahulukan.

Pihak UNICEF sendiri mengaku optimistis bakal ada solusi untuk hal ini. Mereka mau mendengarkan solusi apa pun yang diajukan kubu Barca supaya kerjasama kedua pihak tetap terjalin.

"Dasar dari kerjasama antara UNICEF dan FC Barcelona menyebarkan pesan global tentang bagaimana pentingnya isu-isu mengenai anak-anak dalam cara yang unik."

"UNICEF menantikan tingkatan selanjutnya mengenai kolaborasi ini dan siap mengeksplorasi berbagai opsi," demikian bunyi statemen dari mereka.

Qatar Foundation sendiri juga merupakan organisasi yang bergerak di bidang kemanusiaan. Mereka merupakan organisasi non-profit yang bergerak di bidang pengembangan edukasi dan riset sains di Qatar dan daerah sekitarnya.

0 komentar: