Kamis, 09 Desember 2010

Sepatu Emas Milik Siapa?

Erwin Kurniawan






Fase penyisihan Piala AFF 2010 sudah usai namun belum ada pemain yang dominan di daftar topskorer saat ini. Kira-kira milik siapa sepatu emas nantinya?

Dari 12 pertandingan yang sudah dilaksanakan baik di Grup A maupun Grup B, total 40 gol sudah tercetak dari delapan tim yang ada. Indonesia jadi tim paling terproduktif dengan 13 gol dari tiga laganya sementara Myanmar jadi tim yang paling minim gol yaitu dua.

Meski rasio mencetak golnya tinggi namun tak ada pemain 'Merah Putih' yang mampu mencetak lebih dari dua. Di daftar topskorer, Indonesia menempatkan nama Erwin Bachdim, Bambang Pamungkas, Firman Utina, Arif Suyono dan Muhammad Ridwan. Sisanya Cristian Gonzales dan Oktovianus Maniani masing-masing mencetak satu gol.

Dengan sudah bermain di semifinal dan berpeluang besar maju ke final --jika melihat penampilan di babak grup--, Indonesia boleh jadi bakal menempatkan salah satu atau lebih sebagai pemegang gelar 'Sepatu Emas' di akhir turnamen.

Tim lain yang jadi pesaing kuat Indonesia tentunya sang juara bertahan Vietnam. Tim terproduktif kedua dengan delapan gol ini menempatkan Nguyen Anh Duc, Nguyen Vu Phong dan Nguyen Tron Hoang masing-masing dua gol. Khusus untuk Tron Hoang, kesempatannya menambah gol berkurang karena harus absen di leg I semifinal karena kartu merah.

Sisanya adalah Le Tan Tai dan Nguyen Min Phuong yang bikin satu gol. Sementara Malaysia pun juga demikian karena hanya ada dua pemain, Mohammad Amri Yahyah dan Norsahlul Idlan Talaha, yang masing-masing mencetak dua gol. Sisanya adalah Mohammad Amirul Hadi Zainal dan Mahali Jasuli, keduanya mencetak satu gol.

Satu semifinalis Filipina hanya mencetak tiga gol dengan Christopher Greatwich jadi pemimpin dengan dua gol, diikuti rekannya Phil Younghusband dengan satu gol.

Dua dari 13 pemain yang ada di puncak daftar topskorer lainnya adalah Sorayoot Chaimkadee serta Aleksander Duric. Namun tim mereka Thailand serta Singapura sudah tersisih duluan di babak grup.

Maka kans para pemain itu meraih sepatu emas sedikit banyak ditentukan oleh performa masing-masing tim di semifinal ini. Pada perhelatan dua tahun lalu, ada tiga pemaing yang muncul di daftar topskorer yaitu Budi Sudarsono, Agu Chasmir serta Teerasil Dangda, dengan empat gol. 

Lalu siapa yang anda jagokan kini jadi topskorer?

Foto: Erwin Bachdim, jadi salah satu calon topskorer

0 komentar: